Senin, 14 Juni 2010

Orang tio (budaya cina) gerah dan tak suka dg cara penyebaran kristen kseluruh dunia. yg selalu menyerng agama2x dan budaya2x.

kesaksian budaya cina (TAO) yang diserang oleh ulah kristen. dan membikin noda.

---------SHAN_MAO------------------------------------------------------------------------------------------------


Omong kosong Pdt Luther Tan, Mth.

Ta Chia Siek Tao Hao,
Hallo semuanya, saya baru membaca buletin PSMTI no.22, Januari 2003. pemberian salah seorang teman dari Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia.

Sebetulnya saya sangat menghormati Bapak Tedy Jusuf yg telah berhasil mempersatukan semua unsur golongan marga Tionghoa, namun sekarang ini nampaknya mulai ternodai oleh agama tertentu (TERUTAMA KRISTEN) yg menggunakan organisasi PSMTI untuk menyebarkan agamanya.

Dibawah ini saya ingin menanggapi tulisan Pdt Luther Tan berjudul Pandang Iman Kristen Terhadap Beberapa Kebudayaan Tionghoa.
Kalau tulisan ini dimuat dalam buletin Kristen, saya tidak akan berkomentar disini, tapi karena dimuat dalam buletin PSMTI yg nota bene adalah organisasi Etnis Tionghoa dengan beragam penganut agama didalamnya, maka saya wajib ulas ini, supaya semua orang Tionghoa mengerti dan waspada, syukur2 Pak Tedy Jusuf bisa menyadari dan bisa mengekang tingkah laku seksi kerohanian aliran Kristen didalam PSMTI itu.

Saya selalu berpendapat setiap kegiatan kebudayaan suatu etnis tentunya sangat dipengaruhi agama yg dipeluknya, baik itu agama Islam, agama TAO, agama Buddha, agama Kong Hu Cu, agama Hindu, agama Katholik / Kristen dsb. Karena itu rasanya sangat naif bila seorang pendeta dalam menjalankan misinya, justru menggunakan dalih Budaya untuk menyerang agama lainnya, terutama seperti "pdt luther tan" ini. .......... Kita tahu bahwa Sinterklas juga merupakan Budaya dari barat yg berasal dari agama Katholik / Kristen, yg kalau dicermati, pastilah bersifat sangat tahyul dalam pandangan semua agama. Namun agama lain nggak pernah menyinggung -nyinggung itu untuk melecehkan agama K, kami anggap itu adalah tradisi agama K yg telah membudaya, yang diharapkan dari perayaan itu kan rasa kegembiraannya. Begitu pula tentang kalung dengan tanda salib di atasnya yg katanya bisa mengusir roh jahat, saya kira itu sih sah2 saya bagi umat agama K, Jadi buat saya sih nggak perlu dibilang bahwa hei umat lainnya jangan percaya bahwa kalung dengan tanda salib bisa mengusir roh jahat dsb Karena semua masyarakat toh tahu kalau kepercayaan adalah kepercayaan dan itu urusan pribadi masing2, istilahnya HAM masing2!!!

Dalam halaman 45, pdt luther tan menulis bahwa senam pernafasan [b][COLOR="Red"]{saya adalah seorang yang kasar}[/b][/color][b][COLOR="Red"]{saya adalah seorang yang kasar}[/b][/color][b][COLOR="Red"]{saya adalah seorang yang kasar}[/b][/color] Chi hanya senam pernafasan biasa, dia menolak filsafat agama TAO yg ada didalamnya ......... ........... Ini justru menunjukkan sangat picik dan fanatiknya hati pendeta luther tan itu, ya mana bisa berhasil latihan senam pernafasan [b][COLOR="Red"]{saya adalah seorang yang kasar}[/b][/color][b][COLOR="Red"]{saya adalah seorang yang kasar}[/b][/color][b][COLOR="Red"]{saya adalah seorang yang kasar}[/b][/color] CHI kalau sengaja mau menolak filsafat agama TAO yg terkandung didalamnya, karena banyak senam pernafasan didunia ini, tapi senam pernafasan [b][COLOR="Red"]{saya adalah seorang yang kasar}[/b][/color][b][COLOR="Red"]{saya adalah seorang yang kasar}[/b][/color][b][COLOR="Red"]{saya adalah seorang yang kasar}[/b][/color] Chi adalah salah satu filsafat agama TAO yg hanya bisa dimengerti bila seseorang mau merendahkan hati untuk mempelajarinya. (Disini mempelajari agama TAO bukannya berarti harus memeluk agama TAO, tapi belajar mencari sesuatu yg memang bermanfaat bagi manusia. )

Jadi saya kira:
1. Pendeta Luther Tan perlu menyadari diri, bila ingin membehas sesuatu mestinya harus membedakan diforum mana dia akan berbicara. Kalau didalam geraja tentunya lain dengan berbicara diforum organisasi PSMTI, kecuali kalau PSMTI telah berubah menjadi organisasi Kristen. (Ganti jadi PSKTI >Paguyuban Sosial Kristen Tionghoa Indonesia saja ).
2. Saran buat Pendeta Luther Tan, supaya jangan lagi melecehkan agama lain sebagai satu budaya saja (Karena Budaya berasal dari suatu kebiasaan agama tertentu!!!), sebaiknya hormatilah agama lain sebagaimana mestinya (Bila perlu sebutlah nama agamanya dengan hormat!), jika anda ingin dihormati.

Nah para taoyu sekalian, bukannya saya ingin cari gara2, tapi saya yakin banyak juga taoyu yg membantu PSMTI sebagai pengurus disana (Itu sangat saya hormati!) Saya menulis ini hanya bermaksud supaya bisa menyumbangkan saran:
1. Bagi Pengurus PSMTI supaya bisa lebih waspada, jangan sampai organisasi anda menjadi ajang kegiatan gelap agama tertentu.
2. Bagi taoyu2 lain yg kebetulan membaca tulisan diatas sebelumnya, bisa segera menyadari niat tidak baiknya si pendeta Luther Tan itu.


Salam hangat TAO.


-------- orang_awam-----------------------------mengomentari--------------------------SHAN_MAO---------

SIKATTTTTTTTT

gila gua bener2 dah ga tahan nih, kalo BUDAYA TIONGHOA digerogotin tanpa perlawanan bisa2 tinggal nama doank nih.
K selalu menyerang dengan segala cara
I sudah mulai masuk ke wilayah budaya

sedangkan kita selalu menghindar konfrontasi , dan jarang sekali memberikan penjelasan yg bener tentang SIAPA KITA (KEBUDAYAAN TIONGHOA ( TAO, KHC dll) )

sekeras2nya batu klo ditetesin air tiap hari bakal ancur juga
walaupun yg bener tetap benar tapi kalo ga ada yg tau buat apa?

apa mau seratus thn lagi anak cucu kita mengakui kebudayan lain sebagai tradisi mereka?

btw banyak yg mau diungkapin tapi setelah baca tingkah laku "aggresor kebudayaan" jadi ga tau mau ngomong apaan


tambah dikit, org tionghoa yg masuk K sepertinya jauh lebih K daripada org yahudi ato barat itu sendiri, semuanya serba tau dan serba salah ( budaya tionghoa) padahal di barat dan dikalangan K itu sendiri banyak yg amat sangat mengagumi kebudayaan timur (asia : tionghoa(Tao dan KHC, budha ( india , jepang dll)

seharusnya org kita mampu seperti org jepang yg memegang kokoh tradisi mereka ( mungkin karena RRC komunis jadi tdk ada dukungan resmi seperti pemerintah jpg, prancis, jerman yg membuat pusat kebudayaannya di beberapa kota )

btw saya sendiri termasuk generasi yg terpasung dari kebudayaan tionghua karena kebijakan orba, sangat sulit untuk mengetahui dan mendalami berbagai tradisi tionghua di indo

lihat selengkapnya disini klik link dibawah.
http://community.siutao.com/showthread.php/773-Omong-kosong-Pdt-Luther-Tan-Mth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar